Sumenep ‘Siapkan’ Perda Keris, Politisi Gerinda Sentil Regulasi dan UNESCO

0
290
Nurus Salam Anggota DPRD Sumenep dalam Acara musyawarah agung senopati *MAS* yg ke 2, menyerahkan Keris hasil Tempaan Bpk Hasto saat di sumenep pada tahun 2019 yg dikerjakan oleh mpu Fathor sebagai cendera mata kepada SEKJEND SENOPATI [SERIKAT NASIONAL PELESTARI TOSAN AJI NUSANTARA

Sumenep (Maduraexpose.com)– Rencana penyusunan Perda Keris (Kekerisan) di Kabupaten Sumenep oleh pihak Pemkab melalui Senapati Nusantara yang disebut-sebut sebagai Organisasi yang mengawal Bupati Sumenep dalam penyusunan Perda Rencana Strategis Pengembangan Keris mendapat reaksi dari Anggota Komisi II sekaligus Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumenep, Nurus Salam.

Senapati Nusantara secara resmi mengadakan Musyawarah Agung –MAS 2022 di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 17 September 2022 kemarin. Senapati Nusantara sendiri Organisasi induk paguyuban keris di Indonesia.

Salah satu kesepakatan dalam MAS 2022 di Bantul itu, Senapati Nusantara menetapkan Kabupaten Sumenep sebagai Kota Keris dan menyatakan siap mendandatangani MoU dengan pihak Pemkab Sumenep dalam penyusunan Perda Rencana Strategis Pengembangan Keris.

Terkait hal itu, Nurus Salam alias Oyok salah satu Anggota Dewan dari Fraksi Gerindra DPRD Sumenep menilai, penyusunan Raperda itu sangat penting dalam menentukan regulasi yang berkaitan dengan keris setelah mendapat persetujuan dari pihak UNESCO.

“Keris sebagaimana telah ditetapkan menjadi intangible culture heritage (WBTB) atau warisan budaya takbenda oleh UNESCO. Sumenep, pada tahun 2014 mencanangkan diri sebagai Kota Keris,” ujar Nurus Salam alias Oyok kepada Maduraexpose.com, Senin 19 September 2022.

Oyok optimis, apabila Perda Keris (kekerisan) terealisasi, maka dalam pengembangan keris di Kabupaten Sumenep memiliki landasan yang jelas dalam pengelolaannya.

“Itu menjadi penting sebuah regulasi yang bisa menjadi landasan dalam menata pelaksanaan segala hal yang berkaitan dengan keris yaitu berupa Perda Keris,” pungkasnya. []
Editor: Ferry Arbania

BAGIKAN
www.maduraexpose.com | Mengawal Kepastian Hukum