Bupati Sumenep Siapkan Penyusunan Perda Keris, Politisi Gerindra Angkat Suara

0
890
Bupati Sumenep Achmad Fauzi,SH,MH saat mendampingi Menparekraf RI Sandiaga Uno dalam acara keris di Sumenep pada Selasa 24 Mei 2022.

Sumenep (Maduraexpose.com)- Gembar gembor Sumenep sebagai kota keris yang digelindingkan sejak sejak beberapa tahun silam, diam-diam diseriusi oleh Bupati Achmad Fauzi,SH,MH dengan menyiapkan Perda khusus tentang perkerisan.

Tak tanggung-tanggung, untuk merealisasikan Perda Keris tersebut, pihak Bupati Fauzi melibatkan para ahli dari Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni Senapati Nusantara yang merupakan Organisasi induk paguyuban keris di Indonesia.

Bahkan dari informasi yang dihimpun Maduraexpose.com Senapati Nusantara secara resmi telah mengadakan Musyawarah Agung 2022 (MAS) di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Sabtu 17 September 2022 lalu.
Salah satu poin yang dihasilkan dalam MAS 2022 itu menetapkan Senapati Nusantara sebagai organisasi yang mengawal Bupati Sumenep untuk menetapkan Kabupaten Sumenep sebagai Kota Keris. Dalam pertemuan itu juga dilakukan penandatangan kerja sama dengan pihak Pemkab Sumenep dalam penyusunan Perda Rencana Strategis Pengembangan Keris.
Langkah Bupati Sumenep ini mendapat respon dari Anggota Dewan dari Fraksi Gerinda DPRD Sumenep Nurus Salam. Politisi yang kerap dipanggil Oyok ini menilai, penyusunan Perda Kersi di Kabupaten Sumenep merupakan sebuah keniscayaan.

“Keris sebagaimana telah ditetapkan menjadi intangible culture heritage (WBTB) warisan budaya tak benda oleh UNESCO dan Sumenep pada tahun 2014 mencanangkan diri sebagai Kota Keris, maka menjadi penting sebuah regulasi yang bisa menjadi landasan dalam menata laksana segala hal yang berkaitan dengan keris yaitu berupa Perda Keris,” demikian Nurus Salam Anggota Komisi II dari Fraksi Gerindra DPRD Sumenep dalam pesan tertulis kepada Maduraexpose.com, Senin 19 September 2022.

Sementara Bupati Sumenep Achmad Fauzi,SH,MH dalam konfirmasi singkat menjawab singkat soal rencana penyusunan Perda Keris yang saat ini mulai jadi perhatian public.

“Prinsip saya sejak awal, apa yang kami lakukan bersama Pemkab bukan untuk gagahan ataupun cari sensasi politik. Tapi murni untuk kemajuan masyarakat Sumenep. Jikapun harus ada pro kontra atas sebuah gagasan, hal itu justru menyehatkan nalar kita, bahwa Perda Keris untuk kemajuan Sumenep yang kita cintai,” paparnya secara singkat seperti dilansir Maduraexpose.com, Senin sore. []

Editor: Ferry Arbania