Haul Akbar Bujhu’ Toronan Dihadiri Ribuan ‘Potoh’ dan Ratusan Kiai Pesantren

0
752
Haul Akbar Bhujuk Agung Toronan (Ferry Arbania/MADURAEXPOSE)

Pamekasan (Maduraexpose.com)- Ribuan Potoh (keturunan) Kiai Abdurrahman dan Nyair Maryam tumpah ruah mengikuti Haul Akbar Bhuju’ Agung Toronan Desa Laragan Badung, Kecamatan Palengaan Pamekasan, Madura, Sabtu 17 September 2022.

Pantauan media ini dilokasi, acar Haul Akbar ini menggunakan dua panggung utama yang ditempati sejumlah masyayikh dan kiai sepuh yang merupakan keturunan dari Kiai Abdurrahman dan Nyai Maryam atau yang lebih dikenal dengan sebutan Agung Toronan.

Acara dimulai sekitar pukul 09.00 wib dan selesai saat adzan dhuhur. Acara dibuka dengan tahlil bersama yang dipimpin oleh KH Kholilurrahman (mantan Bupati Pamekasan). Selain puluhan Kiai yang hadir, dari catatan Panitia, Badrut Tamam yang saat ini menjabata Bupati Pamekasan juga keturunan dari Agung Toronan. Namun yang bersangkutan berhalangan hadir.

Peserta Haul Akbar Agung Bhuju’ Toronan yang hadir tak hanya dari Madura, bahkan dari Jawa. Yang jumlahnya diperkirakan lebih dari dua ribu orang yang hadir.

Acara Haul Akbar ini digagar oleh sejumlah kiai yang kemudian ditindak lanjuti oleh pengurus Satu Majelis Anak Potoh Agung Toronan (SAMAATOR) yang sebeleumnya melakukan silaturrahmi ke sejumlah Pondok Pesantren yang punya talian darah dengan Agung Toronan.

[Ferry Arbania]