Capek Scroll: Baca Berita Penting Aja!!!

 


Hot Expose

10 Ribu ‘Campor’ di Peresmian Monumen Keris, Sabet Rekor MURI

65
×

10 Ribu ‘Campor’ di Peresmian Monumen Keris, Sabet Rekor MURI

Sebarkan artikel ini

Sumenep, MaduraExpose.com
Meski sempat menuai kontroversi luar biasa dari berbagai kalangan, termasuk dari pihak Satlantas Polres Sumenep, akhirnya peresmian Monumen Keris bisa dilakukan di jantung kota Sumenep, Minggu (9/11/2014).

Monumen keris yang baru dibanggun di tepi barat kota, tepatnya arah timur di simpang empat Pandian- Karangduak, Kota Sumenep, Jawa Timur.


Bupati Sumenep A.Busyro Karim dalam sambutannya mengatakan, peresmian monumen keris ini merupakan bagian dari rangkaian hari jadi ke 745. Sedangkan pemilihan lokasi di perempatan itu, lanjutnya, karena Desa Pandian dan Kelurahan Karangduak memiliki sejarah empu keris yang sangat terkenal sejak jaman kuno.

“Dalam sejarah disebutkan kalau empu keris di Pandian dan Karangduak”kata Bupati Busyro terkait penempatan monumen keris ditepi barat kota Sumenep,Madura, Jawa Timur. Minggu (9/11/2014).

Dengan dibanguannya monumen keris ini, bupati menyebutnya,sebagai ikon baru yang mempertegas eksistensi kebudayaan Sumenep memiliki nilai luhur tinggi sekaligus legitimasi dunia,jika keris Sumenep merupakan karya besar yang sudah diakui oleh eksistensinya yang sudah diakui oleh UNESCO.

Seperti kita ketahui, UNESCO sendiri merupakan Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB, yakni UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, disingkat UNESCO) yang merupakan badan khusus Perdamaian Bangsa-Bangsa (PBB). UNESCO sendiri didirikan sejak tahun 1945.

Tujuan organisasi ini untuk mendukung perdamaian dan keamanan dengan mempromosikan kerja sama antar negara melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya dalam rangka meningkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan kepada keadilan, peraturan huku, HAM dan kebebasan hakiki.

 


HotNews:  Akhirnya, Kades matanair Resmi Dilantik Bupati Sumenep
---
***