Ilustrasi/NET
Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

MADURAEXPOSE.COM–Binatang musang yang lazimnya musuh bagi manusia karena sering jadi pemangsa ayam, kini mulai digemari dan dipelihara. Tak hanya di Sumenep, juga di Pamekasan, Madura, binatang malam itu ternyata banyak penggemarnya.

Jumlah penggemarnya memang hanya sekitar 30 orang, umumnya cewek-cewek dan sebagian masih remaja. Musang yang mereka pelihara beragam, seperti musang pandan, musang bulan, musang Bali, musang Lombok, musang rase, musang Jawa. Harganya pun bervariasi, dari Rp 200.000 hingga Rp 6,5 juta tiap ekor, tergantung, usia besar kecil dan jenis musang.

Untuk mempererat persaudaraan sesama penggemar musang di Pamekasan, mereka bergabung dalam komunitas pencita musang Pamekasan (Pamungkas). Komunitas ini berdiri Januari 2015 lalu dan anggotanya masih berkisar 31 orang. Setiap Minggu pagi, berkumpul di area monumen Arek Lancor, Pamekasan, membawa musang peliharaannya.

Setiap pecinta musang ini berkumpul, dipadati banyak pengunjung. Warga yang datang, sebagian ingin melihat kelucuan binatang yang sudah jinak, sambil melata di tubuh pemiliknya tanpa rasa takut pada orang lain yang belum dikenalnya. Cewek-cewek juga suka banget mengelus-elus musang.

[Ist/trb]