Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

MADURA EXPOSE–Kewajiban bela negara perlu ditanamkan sejak awal untuk mencegah runtuhnya moral bangsa. Semua komponen masyarakat, baik Pegawai, Perangkat Desa, masyarakat biasa diwilayah Kabupaten Sumenep, dalam pelaksaan kali ini peserta yang akan mengikuti penataran bela negara di Gedung SKD ( Sarana Kegiatan Diklat) Kecamatan Batuan, Sumenep Rabu ( 20/07/2016 )

Seperti tertuang didalam pasal 27 ayat 3 UUD 1945 yang menyebutkan bahwa “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa menjaga kedaulatan negara adalah kewajiban bagi tiap-tiap pribadi meskipun telah dibentuk institusi yang memiliki kewajiban dalam tugas pertahanan dalam sebuah negara. Menanamkan kesadaran cinta tanah air tidak serta merta tumbuh oleh karenanya sejak dini perlu mendapatkan pembelajaran.

Dibuka oleh Bupati yang di Wakili oleh Sekda Kab. Sumenep ( Drs. Hadi Soetarto ) dalam pelasanaanya ada 81 peserta yang yang akan mengikuti pelatihan Bela Negara yang terdiri dari Pegawai, Perangkat Desa dan Masyarakat dari masing – masing Kecamatan di Kabupaten Sumenep mengirimkan perwakilan 3 orang mengikuti pelatihan kader bela negara. Pelatihan kader bela negara ini diselenggarakan guna meningkatkan wawasan dan kesadaran bela negara yang diharapkan Pegawai, Masyarakat dan generasi muda tidak hanya memiliki tingkat intelektual, semangat kerja namun juga memiliki sikap disiplin dan mental yang kuat serta jiwa pengabdian kepada negara.

Dengan mengusung tema “ Kegiatan Penguatkan Aktualitas. Nilai – Nilai Pancasila, Rasa Cinta Tanah Air, Kesadaran Berbela Negara dan Berkonsitusi ”, Sekda menyampaikan dengan adanya latihan Bela Negara ini maka setiap elemen masyarakat mampu dan bisa menjaga dimana ancaman narkoba, pergaulan bebas,radikalisme, terorisme dan beragam bentuk tindak kekerasan lainnya terjadi didepan mata yang tidak sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. Mengharapkan dengan pelatihan ini mengajak semua elemen masyarakat melaksanakan. Pelatihan dengan baik. Sehingga bisa membantu dan menjaga lingkunganya masing – masing

Lebih lanjut disampaikan penekanan terhadap peserta pelatihan agar menempa diri dalam pelaksanaan latihan untuk menjadi pribadi yang kuat secara fisik dan mental, meningkatkan integritas pribadi sebagai warga negara yang memiliki semangat juang dan pantang menyerah serta mampu menumbuhkan militansi dan jiwa korsa dalam menghadapi setiap tantangan.
IMG-20160720-WA0007
Pembukaan pelatihan dibuka hari ini Rabu tanggal 20 Juli 2016 selanjutnya peserta akan menjalani masa pelatihan yang akan berakhir pada tanggal 23 Juli 2016 mendatang. Selama 4 hari peserta pelatihan akan digembleng oleh pelatih dan pemberi materi dari Ba Kesbang Linmas dan Kodim 0827 Sumenep mereka akan dibekali berbagai materi latihan kedisplinan dan metal. Ibuh Kapten Heri Suharminto (Pasiopsdim 0827 Sumenep ).

[PURNOMO]