Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

Sumenep (MaduraExpose.com)– Sebagai salah satu upaya Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil jajaran Kodim 0827/Sumenep mendukung program pemerintah mensukseskan Swasembada Pangan dengan terus mendampingi petani mulai dari penyiapan lokasi, penyemaian bibit, penanaman, pemeliharaan hingga panen padi pada tiba waktunya.

Memasuki tahap pemeliharaan, hal yang dikerjakan Babinsa Ramil 0827/07 Guluk-guluk saat ini yaitu dengan mendampingi petani membantu memberikan pupuk untuk menambah nutrisi tanaman padi, supaya tanaman padi menjadi subur dan mempercepat proses tumbuhnya.

Terlihat Babinsa Serda Agus membantu Bapak Muhari memupuk tanaman padi seluas 0,2 ha di di Desa Batu Ampar Kecamatan Guluk-guluk Kabupaten Sumenep. Madura-Jawa Timur. Sabtu, (17/3/2018).

Dijelaskan Oleh Serda Agus, tujuan pemupukan ini untuk memberikan kesuburan tanaman padi, sebagai langkah proaktif dalam menanggulangi serangan hama pada tanaman padi. Dihimbau juga kepada para petani agar melakukan pemupukan secara serentak, supaya penanggulangan hama padi berjalan efektif.

Menurutnya Serda Agus, kegiatan ini sengaja Ia lakukan, agar petani merasa termotivasi untuk terus meningkatkan produktivitas tanaman padi, dengan memperhatikan dan merawat tanaman padinya.

Senada dengan apa yang di katakan oleh Komandan Koramil 0827/07 Guluk-guluk Kapten Arh. Sapto Waloyo yang mana, keikutsertaan Babinsa merupakan upaya khusus untuk mensukseskan program swasembada pangan yang akan terus dilakukan di wilayah Kabupaten Sumenep. Selain itu kebersamaan Babinsa dalam membantu petani merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Peran Babinsa itu penting, guna berikan motivasi bagi petani, supaya terus tingkatkan produktivitas tanaman padinya,” tutup Danramil.

Bapak Muhari mengaku, sangat terbantu dengan adanya peran Babinsa tersebut. Hingga saat ini, para petani telah banyak dibantu Babinsa begitu juga PPL dalam mengoptimalkan hasil panen padi. “Mereka sangat rajin tak kenal lelah turun kesawah mendampingi kami dan satu yang saya heran mereka tidak sungkan-sungkan turun ke sawah membantu petani melakukan proses penyiangan tanaman padi milik petani,” beber dia.

(sur/fer)