Ilustrasi Demo
Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

JAKARTA – Calon gubernur petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tengah tersandung kasus dugaan penistaan agama. Hingga kini, kasus tesebut masih bergulir di Mabes Polri dengan agenda gelar perkara. Meski demikian, partai politik (parpol) pengusung Ahok seolah tak tampak batang hidungnya dan menjauh dari ingar-bingarnya kasus ini.

Melihat hal itu, Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, saat ini tidak ada parpol mana pun yang berani ‘pasang badan’ untuk melindungi mantan Bupati Belitung Timur itu. “Partai mana yang berani pasang badan? Karena ini wilayah yang sensitif (dugaan penistaan agama),” katanya saat diskusi Redbons di Kantor Redaksi Okezone, Jakarta Pusat, Selasa (15/11/2016).

Menurut dia, parpol itu membutuhkan sentuhan elektoral sehingga mereka tidak mau ambil risiko untuk repot-repot dalam kasus ini. Pangi mencontohkan PDIP, ia menilai PDIP tidak berani pasang badan dalam kasus ini. Jika partai pengusung Ahok itu terlibat lebih jauh, maka hal tersebut sama saja bunuh diri.

“Partai itu butuh sentuhan elektoral, PDIP saja tidak berani. PDIP pun tidak pasang badan, karena itu sama saja bunuh diri,” pungkas dia.

(ulu/OKZ)