Ist
Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

Sumenep, MaduraExpose.com- Rencana Pemenrintah Dearah Kabupaten Sumenep, membangun Rumah Sakit kepulauan Buram.

Rumah Sakit yang semula direncakan dibangu di tiga Kecamatan Kepulauan Sapeken, Kangayan dan Arja hingga saat ini masih belum jelas.

Pasalnya Pembangunan fisik yang akan direalisasikan pada tahun ini oleh pemkab masih belum ada tindak lanjut oleh pemkab.

Mantan Anggota komisi D DPRD Kabupaten Sumenep, Nur Asyur menjelaskan bahwa pembanguan Rumah sakit kepulaua sudah lama direncanakan oleh pemerintah setempat. Namun menurutnya, pambangunan tersebut masih belum terealisasi karena ada beberapa kendala yang perlu dirubah seperti Nomenclatur yang dinilai tidak sesuai dengan rencana.

Menurutnya, anggran pembangunan tersebut sudah di PAK pada tahun 2013 lalu dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni tahun 2014, namu dalam proses pembangunya terkendala sehingga tidak terealisasi dengan baik.

“Yang Pasti, rencana pembangunan itu masih buram direalisasikan oleh pemkab dalam hal ini Dinas Kesehatan,” tandasnya.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) A. Fatoni mengatakan, pembangunan fisik rumah sakit dikepulauan sudah terelisasi dengan baik yang dibentuk rawat inab di Arjasa. dengan menghabiskan anggaran APBD sebanyak 1 miliar.

Namun pembangunan Rumah Sakit di pulau itu masih membutuhkan anggran lagi sebanyak 2 miliar karena yang dibangun saat ini hanya rawat inap saja.

Fatoni mengaku tidak ada rencana pembangunan rumah sakit di wilayah kepulauan yang lainnya sebagaina rencana awal pemkab di tahun 2013 lalu.

“Untuk wilayah lain, kita melakukan penyempurnaan terhadap puskesmas. Belum ada rencana untuk pembangunan rumah sakit,” katanya.

(G2k/Fer)