MADURA EXPOSE--Meski kalah dalam pertarungan politik pemiliha kepala daerah (Pilkada) Sumenep 2015 lalu, namun sosok Zainal Abidin (ZA) sulit terhapus begitu saja dikalangan masyarakat bawah, termasuk dikalangan para pedagang pasar Anom Baru yang mengalami kebakaran beberapa tahun silam.

Hari itu, Kamis September 2015, Zainal Abidin turun langsung memantau langsung keberadaan para pedagang yang sangat memperihatinkan. Pasangan calon (Paslon) bupati yang diusung 8 Parpol itu tiba di lokasi sekitar pukul 08.30 WIB. Dihadapan para pedagang, ZA menyampaikan keprihatinannya secara tatap muka dengan para pedagang yang ada dipasar induk di Kota Sumekar tersebut.

“Setelah melihat dan berbicara langsung dengan para pedagang yang kiosnya terbakar, ternyata beban ekonomi yang mereka tanggung sangat memprihatinkan,” ungkap Zainal Abidin Cabup yang kalah tipis melawan pasangan petahana, yakni Busyro Karim dan Achmad Fauzi.

Rupanya, janji politik ZA yang akan membangun kembali pasar anom yang terbakar tersebut sangat berkesan dihati para pedagang. Itu terbukti, beberapa orang diantara mereka masih mendo’akan agar ZA berkena maju kembali pada Pilkada Sumenep pada tahun 2021 mendatang.

“Semoga Allah memberikan kesehatan kepada beliau dan berkenan maju lagi pada Pilkada mendatang. Insya Allah kami akan mendukung kembali agar bisa terpilih dan bisa membantu para pedagang yang selama ini terkatung-katung dalam ketidak pastian,” ungkap BS, salah satu pedagang pasar Anom yang menjadi korban kebakaran hebat beberapa tahun silam.

Harapan yang sama juga disampaikan seorang PKL Taman Bunga, yang saat ini direliokasi ke bagian depan lapangan giling Sumenep. Mereka mengaku rindu pemimpin seperti sosok Zainal Abidin yang menurut mereka, karakter kepemimpinannya mirip Ramdhan Siraj, mantan Bupati Sumenep priode sebelumnya.

“Jujur, pada saat sulit seperti saat ini, kami butuh sosok pemimpin seperti Kiai Ramdhan yang sangat melindungi keberadaan para PKL Taman Bunga,” ujar Iin, salah satu keluarga PKL kepada Madura Expose. [Yik/Ferry]