Nelayan Sapeken lebih Sreg jual ikan ke Bali

0
858
Syaiful Bahri, Kepala Disperindag Sumenep (tengah) di pelabuhan Sapeken, Sumenep, Madura, Jawa Timur. (Foto: Ferry Arbania/MaduraExpose.com)

Sumenep, MaduraExpose.com- Sudah menjadi rahasia umum, jika nelayan kepulauan Sapeken, Sumenep lebih merasa nyaman menjual hasil tangkapan ikan mereka ke daerah terdekat seperti Banyuwangi dan Bali.

“Hasil tangkapan ikan masyarakat nelayan di Sapeken tidak dijual ke Sumenep Tapi ke Bali dan daerah lain. Nanti kita bicarakan persoalan ini dari sisi UKM nya”, ujar Syaiful Bahri, Kepala Disperindag Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, baru-baru ini dalam perjalanan Safari Kepulauan.

Menurut Syaiful, secara aturan Disperindag tidak boleh ikut campur atau intervensi terhadap kebijakan yang sudah diambil para nelayan, termasuk menjual hasil tangkapan mereka ke Bali.

“Kami hanya bersifat memfasilitasi dan mendorong agar nelayan kita lebih sejahtera. Tetapi kalau misalnya ada masukan, supaya hasil tangkapan ikan tidak dijual ke luar Sumenep, kita tidak bisa intervensi itu”, sambungnya.

Ditanya apakah ada kemungkinan membangun kerjasama dengan pihak Pemprov Bali bidan Perdagangan, Syaiful Bahri bilang apapun menjadi sangat mungkin senyampang rasional dan menguntungkan bagi kalangan nelayan maupun masyarakat Sumenep.

“Insya Allah rencana itu ada, nanti kita garap tahun depan. Sekarang kita juga masih fokus pengembangan Gerai Wiraraja juga, pusat oleh-oleh dan cinderamatan khas Sumenep. Mohon dukungan semua teman-teman media”, pungkasnya.

(Ferry)