Misteri Pembelian Kapal, Pemprov Jatim Sudah Anggarkan 22 M

0
593
Ombak besa: Nelayan ini memilih tidak berlayar. [Foto:Ferry Arbania/Maduraexpose.com]

Sumenep, Maduraexpose.com- Belum terealisasinya pembelian kapal oleh Pemkab Sumenep, Madura menjadi tanda tanya besar dikalangan masyarakat, mengingat dananya sudah dikucurkan oleh Pemprov Jawa Timur jauh hari sebelumnya.

Semula pembelian kapal laut yang hendak digunakan untuk pengangkut sembako dengan trayek Pelabuhan Kalianget-Pulau Raas Sumenep itu diketahui seharga Rp 33 miliar. Dan 22 miliar diantaranya sudah dianggarkan oleh pihak Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jatim, Soekarwo di Pulau Raas saat memberikan santunan kepada keluarg korban tenggelam Perahu Layar Motor Jabal Nur. Pada Jum’at 10 Oktober 2014 lalu. Saat itu, Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo,telah meminta Bupati Sumenep Busyro Karim untuk segera berkoordinasi dengan pihak Perseroan Terbatas Penataran Angkatan Laut (PT. PAL).

Soekarwo berharap pembelian kapal besar seharga Rp 33 miliar itu diharapkan menjadi solusi masyarakat kepulauan yang selama ini hanya bergantung pada kapal kecil yang tidak bisa berlayar disaat ombak besar. Kondisi itu berimbas pada sering terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok di Pulau Raas.

[TG/N-6/BrS/Fer]