Komnas HAM: Alumni 212 adalah Pejuang HAM Sesungguhnya

0
119

MADURAEXPOSE.COM–Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengakui bahwa perjuangan Alumni 212 dalam mendapatkan keadilan persis seperti visi dan misi yang dimiliki oleh lembaga hukum tersebut. Bahkan salah satu Komisionernya mengatakan bahwa Alumni 212 adalah pejuang sesungguhnya dalam mendapatkan keadilan.

“Bapak-bapak ini adalah pejuang HAM yang sesungguhnya. Yang memiliki visi dan misi sama dengan Komnas HAM,” ucap singkat Hafidz Abbas, Rabu (2/08/2017), di ruang pengaduan Komnas HAM, Jakarta.

Komnas HAM diketahui sudah mengeluarkan rekomendasi atas kriminalisai para ulama, tokoh nasional, dan mahasiswa. Dalam rekomendasi tersebut, Abbas menyebutkan setidaknya ada beberapa fase agar di kemudian hari mampu mempertahankan perjuangan.

“Semoga rekomendasi ini memberikan jalan besar ke depannya. Mudah-mudahan melewati fase ini mampu memberikan kemampuan kepada teman-teman semua untuk melakukan penyesuaian-penyesuain yang mengakar pada kepentingan kita bersama untuk bangsa. Di visi ke depan semoga kita tidak kalag dalam perjuangan,” tambahnya.

Berawal dari pengaduan yang sudah memakan waktu 12 minggu, Abbas mengatakan bahwa hal itu memang demikian adanya, mengingat adanya beberapa proses yang tidak dapat dielakkan dalam memutuskan rekomendasi untuk Alumni 212.

“Setelah melewati perjalanan panjang, penuh dengan dinamika selama 12 minggu, ada gelombang-gelombang yang indah tapi sudah kita lewati bersama. Tetapi, begitulah perjalanan untuk keadilan, perjalanannya tidak datar. Kadang malah mendaki. Tapi sejarah umat manusia mencatat bahwa kami semua dapat menjadi keunggulan,” tutupnya.

[Robi/voi]


loading...