Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

Kodim 0827 Sumenep Bantu Pengaman Pertunjukan Seni dan Kirab Budaya Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke 748

MADURAEXPOSE.COM – Puluhan Anggota Kodim 0827 Sumenep yang dipimpin oleh Batiopsdim 0827 Sumenep Pelda M. Hosni Marno melakukan perbantuan keamanan acara Prosesi Arya Wiraraja dan dan Pertunjukan Seni dalam rangka rangkaian hari jadi Kabupaten Sumenep Ke 748 tahun 2017 dengan mengambil tema “ Sumenep Spektakuler ”, dan sekaligus melaksanalan pengamanan jalannya rute Kirab Pembangunan.

Kabupaten Sumenep  genap berusia 748 tahun, dan  memasuki usia ke 748  tahun tentu bukanlah suatu usia yang singkat, dalam acara penyelenggaraan acara Prosesi Arya Wiraraja dan pertunjukan seni dan di lanjutkan dengan Kirab pembangunan, masyarakat dan warga Sumenep tumplek bleg di depan Masjid Jamik di Jln . Trunojoyo Sumenep,Minggu (29/10/20017)

Prosesi Arya Wiraraja,Pentas seni dan Kirab budaya oleh warga Kabupaten Sumenep ini berlangsung meriah,Seni pertunjukan ”Sumenep Spektakuler” antara lain : Pelantikan Adipati I Sumenep Aryawiraraja oleh prabu Kertanegara tepatnya pada tanggal 31 Oktober 1269 yang merupakan tonggak berdirinya Kabupaten Sumenep, Drama musikal Anggosuto Mutiara dari timur yang mengisahkan akulturasi budaya Bali dan Sumenep dalam proses penemuan garam, Penampilan tari Topeng kolosal serta pawai budaya dengan peserta dari seluruh OPD serta UPT se Kabupaten Sumenep start dari depan masjid Jamik – Jl. Panglima Sudirman – finaish di lapangan Gotong Royong.‎

Kebersamaan serta kemitraan senantiasa terjalin baik dari berbagai pihak, antara pemerintah daerah, DPRD, TNI, POLRI, jajaran penegak hukum lainnya serta masyarakat, acara ini mencerminkan keagungan Sumenep dimasa lalu, yang mana didalam sejarah Sumenep adalah kota kerajaan yang tumbuh dengan subur berbagai interaksi maha karya yang mencitrakan hubungan dinamis antara rakyat dengan pemimpin serta pemimpin dan Sang Maha Kuasa. 

Kabupaten Sumenep berdiri pada tanggal 31 oktober 1269 dengan bentuk kerajaan kemudian pada tahun 1929 menjadi Kabupaten, berbagai seni dan budaya keraton hingga saat ini masih terus langgeng dan tidak pernah pudar walaupun ditempa zaman dan keragaman budaya itu menjadikan Sumenep sebagai bagian dari sejarah nusantara, yang masyarakatnya memiliki corak dan karakteristik santun, ramah, penuh kekeluargaan dan halus. Karena itu, identitas yang dibanggakan sebagai warisan terbesar nenek moyang kita untuk dilestarikan di masa mendatang.

Kita berharap pawai budaya yang digelar saat ini, terus dikembangkan dan diagendakan semakin meriah agar menjadi ikon pertunjukan Budaya Kabupaten Sumenep bahkan mungkin bisa melebihi festiwal atau pawai budaya yang ada di daerah lainnya. sebab, manfaatnya, bukan saja sebagai identitas daerah tetapi juga sebagai sarana promosi dan investasi daerah dan Peringatan Hari Jadi Sumenep yang ke 748 merupakan hari bersejarah, karena bertepatan dengan Arya Wiraraja diangkat sebagai Adipati pertama di Sumenep. Dan menjadi cikal bakal terbentuknya Kabupaten Sumenep.‎

(pur/Red. )
‎‎