Pembina Rumah Bonsai Indonesia (RUBI) Cabang Bali, Ida Bagus Made Adnyana berfoto di depan bonsai jenis Santigi di Lapangan Ngurah Rai Singaraja, Bali, Minggu (17/3/2019). - Tribun Bali/Karsiani Putri
Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

SINGARAJA,MADURA EXPOSE- Mulai dari tanggal 17 Maret 2019 sampai dengan 21 Maret 2019 bertempat di Lapangan Ngurah Rai Singaraja diadakan Pameran Bonsai.

Ada sekitar 125 bonsai yang dipamerkan dalam acara ini.

Pembina Rumah Bonsai Indonesia (Rubi) Cabang Bali, Ida Bagus Made Adnyana menyebutkan, dalam pameran bonsai ini harga yang ditawarkan mulai dari Rp 1 juta.

Bahkan, dan ada salah satu bonsai yang diprediksi akan terjual dengan harga ratusan juta.

Apa keistimewaan bonsai jenis ini?

Menurut  Ida Bagus Made Adnyana, bonsai bisa memiliki harga jual fantastis karena beberapa faktor.

Seperti jenis bonsai itu sendiri, gaya atau style bonsai, hingga usia tanaman tersebut.

Dan pada pameran tersebut ada bonsai jenis santigi yang memiiki semua keistimewaan itu.

Sehingga ia memprediksi harga jual bonsai santigi bisa mencapai Rp 300 juta.

“Namanya bonsai jenis Santigi dan faktor-faktor yang membuat harga bonsai mahal biasanya dilihat dari jenis pohon, gaya, sampai dengan ketuaan atau usia pohon,” ujarnya ketika ditemui Tribun Bali pada Minggu (17/3/2019).

Bonsai lainnya yang tidak kalah menarik dan juga memiliki harga yang lumayan tinggi yakni bonsai jenis asem jawa dan ileng ileng, yang menurut Ida Bagus Made Adnyana memiliki harga puluhan juta rupiah.

Ida Bagus Made Adnyana juga menuturkan bahwa kunci dalam merawat bonsai adalah kesabaran, dan harus memiliki rasa cinta pada tanaman tersebut, sehingga nantinya akan menghasilkan tanaman bonsai yang indah dan menarik perhatian.

Dalam pameran tersebut, Ida Bagus Made Adnyana ingin menunjukkan bahwa bonsai merupakan jenis pohon yang memiliki daya tarik dan barang seni yang patut dihargai dan diapresiasi.

Setelah pameran bonsai di Kota Singaraja ini, pada bulan November nanti, Rubi Cabang Bali akan mengadakan event besar bertempat di Kota Denpasar dengan menghadirkan lebih banyak lagi tanaman bonsai. (*)

(TB)