MADINAH — Banyak jamaah umrah dan turis di Arab Saudi yang mengunjungi lokasi Perang Uhud. Itu merupakan salah satu perang paling terkenal dan tersengit di dalam sejarah Islam.

Dilansir dari Arab News, Senin (5/6), Uhud yang berada di Madinahm merupakan lokasi pertempuran yang terjadi pada tahun 625. Kala itu, pasukan Muslim di bawah pimpinan Nabi Muhammad SAW, berjuang melawan suku Quraysh dari Makkah.

Pengunjung banyak yang berdiri di Gunung Uhud, berfoto dan membuat video dengan masing-masing telfon genggamnya. Malah, pengunjung lanjut usia (lansia) terlihat mendaki ke puncak gunung walau terjal, panas dan sedang berpuasa Ramadhan.

Salah seorang jamaah dari Mesir, Nizar Ahmad berharap, kedatangannya dapat memberi pelajaran berharga dari lokasi itu terhadap dirinya sendiri. Termasuk, makna-makna yang tentunya berasal dari keteladanan Rasulullah SAW.

“Kita menemukan banyak pelajaran dan makna, terutama ketika kita membahas detail mereka, mempelajarinya dari semua sudut agama, militer dan sosial,” kata Ahmad.

Sementara, seorang pengunjung lain yang kali ini berasal dari Yordania, Anas Al Qabi mengaku sejarah Uhud menjadi dorongan utamanya untuk datang. Ia merasa, lokasi itu juga penting bagi seluruh umat Islam di dunia.

“Serangan Uhud salah satu yang paling penting dalam sejarah islam, dan ini memberi tempat ini sebagai bagian penting bagi umat Islam dari seluruh dunia,” ujar Al Qabi.