CIRI KHAS: Siswi Madrasah identik dengan hijab atau jilbab. [Foto:Ferry Arbania/Maduraexpose.com]

Maduraexpose.com- Meski sama-sama lembaga pendidikan, secara praktiknya Madrasah dan Sekolah memiliki karakter yang berbeda, mulai dari penerapan materi pendidikan sampai masalah seragam siswa mengalami sedikit perbedaan. Terutama pada siswa perempuan.

“Kalau di Madrasah itu semua murid perempuan dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai Madrasah Aliyah (MA) sudah pasti pakai jilbab semua. Tapi kalau SMA/SMU dan SMK yang mengenakan kerudung bisa dihitung dengan jari”, ujar Izza Maulidiyah, salah satu siswi MA di Ganding, Sumenep, kepada Maduraexpsoe.com, Minggu (8/11/2015).

Meski semua siswi madrasah semuanya menggunakan jilbab, semuanya dijalankan dengan penuh kesadaran oleh masing-masing siswa.

“Ada kesadaran bahwa kepala itu bagian dari aurat perempuan yang harus ditutupi dengan jilbab. Jadi tak ada pemaksaan dari pihak sekolah”, imbuhnya.

Slain itu, mengenakan jilbab,lanjut Izza, ada kepuasan batin dan mendukung penampilan lebih percaya diri.

“Apalagi sekarang sudah ngentren. Dimana-mana, nggak cuma siswi madrasah udah pada seneng pakai hijab bagitu. Katanya sih lebih cantik, auranya keliatan banget”, imbuhnya sambil ketawa lepas.

FERRY ARBANIA