Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

MADURAEXPOSE.COM– Optimalkan Penggunaan Dana Desa, Kejaksaan Kumpulkan 70 Ribu Kepala Desa Tim Pengawal dan Pengaman dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan di berbagai wilayah mengumpulkan sekitar 70 ribu kepala desa seluruh Indonesia terkait sosialisasi pengoptimalan penggunaan dana desa.

Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (JAM Intel) Kejaksaan Agung (Kejagung), M. Adi Toegarisman mengatakan, pengumpulan kepala desa itu untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan dana desa.

“Hari ini kami seluruh jajaran masing-masing Kejaksaan Negeri (Kejari) menyelenggarakan sosialisasi dana desa secara serentak. Kita berharap kepala desa paham penggunaan dana desa, serta tidak ada penyimpangan atau penyalahgunaan dan ini ditujukan untuk kesejahteraan rakyat,” kata Adi Toegarisman, di Jakarta, Sabtu (26/8).

Dia selaku Ketua Penggerak dan Pengarah TP4 Kejagung itu mengatakan, dari total secara keseluruhan 74.954 kepala desa di Indonesia yang hadir mengikuti sosialisasi tersebut hanya sekitar 70.000. Meski tidak seluruhnya yang hadir, lanjutnya, para kepala desa sangat antusias mengikutinya.

“Mereka (kepala desa) antusias, mereka sangat senang mengikuti sosialisasi,” ujarnya.

Adi menjelaskan, sosialisasi yang diberikan berupa metode pekerjaan pengelolaan dana desa agar digunakan dengan sebagaimana mestinya.

“Semangat kami membangun mekanisme penyaluran dan penggunaan, hingga proses penggunaan dana desa dilaksanakan dengan benar, tidak ada penyimpangan,” katanya.

Untuk materi yang diberikan, lanjut Adi, dikirimkan terpusat dari Jakarta. “Agar materinya seragam dengan pemahaman yang sama mengenai dana desa,” ujarnya.

Adi menambahkan, pihaknya juga menggandeng perangkat daerah serta inspektorat pengawasan pemerintah daerah setempat.

“Kita juga koordinasi dengan Satgas Dana Desa dan Pembimbing Desa,” katanya.

[sam/rm*]