Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

Sumenep (MaduraExpose.com)- Tak ada angin tak ada ombak, tiba-tiba saja, Purn Jenderal Sutanto, Mantan Kapolri ini hadir di wilayah hukum Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur.
Tak ada yang menduga sebelumnya, jika Susanto langsung mengunjungi asta makam raja-raja Sumenep dan sejumlah tempat wisata religi lainnya seperti Asta Yusuf di pulau Talango.

Usai mengunjungi wisata religi, Susanto menyempatkan diri mampir ke Mapolres setempat yang disambut hangat para petinggi Polres, termasuk Kapolres AKBP Mardjoko dan sejumlah Kapolsek.

“Jujur suasana di Sumenep sangat sejuk. Apalagi di Asta Yusuf”, ujar Purn Jenderal Sutanto dengan ramah, Jum’at (5/9/2014)

Akhirnya Susanto tak keberatan menjelaskan kedatangannya ke ujung timur pulau Madura ini. Tak lain dalam rangka ibadah dan silaturrahim mengenang sewaktu pernah menjabat sebagai Kapolres Sumenep.

Sekedar menambahkan, saat itu Presiden SBY melantik Jenderal Sutanto sebagai Kepala Kepolisian Negara RI, menggantikan Jenderal (Pol) Da’i Bachtiar (8/7/2005). Pelantikan dilakukan setelah DPR secara aklamasi menyetujui usai melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap Komjen Sutanto di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, 4/7/2005.

Dia pensiun 30 September 2008 dan digantikan Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri Komjen Pol. Bambang Hendarso Danuri.

Sutanto yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Narkotika Nasional (BNN) berpangkat Komisaris Jenderal Polisi secara resmi diangkat menjadi Kapolri dengan Keppres Nomor 28/Polri/2005 tertanggal 5 Juli 2005. Kemudian dengan Keppres Nomor 29/Polri/2005 tanggal yang sama pangkatnya dinaikkan menjadi Jenderal Polisi. (Fer/bbs)