Halili Yasin : Pemuda sekarang Nasionalismenya minim

0
495

Hari lahirnya sumpah Pemuda CSO Madura mengadakan acara sara sehan. acara yang digelar di Pendopo Pamekasan tersebut dihadiri oleh wabub, serta ketua DPRD Pamekasan Halili yasin, Ismail.S. HI ketua Komisi A serta FIrman Syah Ali ketua SORBAN MERA.

Direktur Eksekutif CSO Madura mengharap agar momentum Sumpah Pemuda dijadikan bahan renungan untuk bersama membangun kembali semangat tersebut.

“Saya mendengar bahwa waktu Idul fitri dan Idul Adha kemarin diisi dengan Dugem. dan, dengan semangat sumpah pemuda, cukuplah waktu kemarin saja. jangan sampai para remaja mengulangi kembali.” Ujarnya

Dalam acara tersebut, Halili yasin yang juga menjadi pemateri pada acara tersebut mengatakan seorang pemuda harus menyiapkan diri dengan mempunyai kapasitas, dan kapabilitas.

Apalagi,lanjut Kholil, dalam waktu dekat Indonesia bakal menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan juga AFTA per-1 Januari 2015 mendatang.

“Pemuda itu harus mempunyai pendirian dan rasa percaya diri. Supaya, pemuda tidak mudah terpengaruh oleh pergaulan yang negatif. serta dapat mengexplorasi potensinya.” ujar Halili

Pemuda saat ini, lanjut dia, lebih mudah untuk mengkritisi tanpa diimbangi pemikiran-pemikiran cerdas yang bisa dijadikan alternatif dalam sebuah pembangunan.

“Pemuda saat ini nyaris kehilangan jiwa nasionalismenya. Makanya, tidak sedikit pemuda yang kurang responsif terhadap persoalan bangsa. Kita harus kembali tegakkan 4 Pilar Kebangsaan kita”. tandasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Bupati, Kholil Asy’ari. Pihaknya berpesan kepada para Pemuda kehilangan ruh Sumpah Pemuda itu sendiri.

Tak hanya itu, Khalil berpendapat, di era seperti saat ini diperlukan adanya kemampuan membangun karakter yang kokoh semisal jiwa patriotisme dan nasionalisme dalam membangun generasi kedepan.

“Sebab Pemuda hari Ini adalah cermin dari kondisi bangsa dimasa depan”ujarnya penuh harapan.

(add/fer)