Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

Kepada Yth.

Rekan-rekan media massa

Di tempat.

Salam Demokarsi,

Pilkada serentak 9 Desember 2015 baru saja kita lalui. Dari 264 daerah yang menyelenggarakan pilkada terdapat 151 daerah yang diikuti calon kepala daerah yang kembali berusaha membuka ruang keterpilihan untuk kedua kalinya atau yang dikenal dengan istilah petahana. Keberadaan petahana dalam pilkada serentak memang menarik untuk dilihat lebih jauh keberadaanya karena, adanya paradoks dasar dari petahana yang dapat menciptakan arena persaiangan yang tidak setara. Jika dibandingkan dengan calon kepala daerah baru, seorang calon kepala daerah petahana tentunya sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Pada lain pihak, seorang calon petahana memiliki beberapa peluang terhadap sumber daya negara yang dapat dimanfaatkan lebih jauh keberadaanya.

Dalam rangka mengelaborasi lebih jauh keberadaan petahana dalam pilkada serentak 9 Desember 2015, Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) melakukan penilitian singkat untuk mengelaborasi lebih jauh keberadaan petahana yang tidak hanya ditinjau dari hasil keterpilihan dalam pilkada. Melainkan, ditinjau pula dari segi pemerintahan hasil pemilu yang dikorelasikan dengan koaliasi partai politik yang dibangun, berikut indeks efective number of parliamentary parties (ENPP). Dengan tujuan untuk mengetahui seberapa jauh efektivitas pemerintahan yang dapat diselenggarakan kelak. Untuk itu, Perludem bermaksud untuk melakukan diskusi yang bertajuk “Sepak Terjang Petahana di Pilkada 2015” yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : Rabu, 23 Desember 2015

Waktu : 10.00—12.00 (Diakhiri makan siang)

Tempat : Kedai Kopi Deli, Jalan Sunda No. 7 Sebelah Sarinah Thamrin

Demikian undangan ini kami sampaikan, besar harapan rekan-rekan media massa dapat ikut beraprtisipasi aktif dalam diskusi ini. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Titi Anggraini

Direktur Eksekutif Perludem

CP:

Heroik Pratama (087839377707)

Fadli Ramadhanil (085272079894)