Dinkes Bangkalan Nyatakan KLB DBD

0
677

fogging-IstimewaMaduraExpose.com- Meningkatnya serangan Demam Berdarah Dengue (DBD) diujung barat Pulau Madura, membuat Dinas Kesehatan Bangkalan secara resmi menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) untuk diwaspadai olehh seluruh lapiran masyarakat setempat.

dr Nur Aida Rachmawati, Kepala Dinkes Bangkalan, Madura, Jawa Timur kepada awak media menuturkan, meningkatnya DBD tersebut daikaui terjadi sejak Januari 2014 lalu yang mencapai 35 orang. Kasusnya meningkat tajam di tahun 2015 yang mencapai 277 kasus. Fluktuasinya begitu tajam hingga delapan kali lipat.

“Ditetapkannya KLB ini setelah adanya kunjungan Dirjen Penanggulangan penyakit dan kesehatan lingkungan. Pada priode yang sama dinyatakan dua kali lipat sudah masuk KLB”, ujarnya.

Nuraida juga membeberkan hasil survey Kemenkes RI dan Dinkes Propinsi Jawa Timur di Kecamatan Tanah Merah, Bangkalan, yang menunjukkan adanya satu desa dikawasan tersebut bebas jentiknya hanya 33 persen. Sedang 67 persennya berkembang biak dengan leluasa.Pihaknya berharap agar masyarakat segera memutus mata rantai penularan DBD dengan cara PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) secara komprehensif. Hal itu dilakukan dengan berbagai cara semisal sosialisasi melalui penyuluhan dan fogging.

“Mneingkatnya DBD ini lebih disebabkan jentik-jentik nyamuk yang berkembang hingga 67 persen”, imbuhnya menyimpulkan.

(MU/Fer)