Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

Sumenep (MaduraExpose.com)–Sejumlah kalangan mendesak agar Bupati Sumenep Busyro Karim bertindak tegas terhadap pengusaha tambak udang yang diduga ilegal atau tak berijin.

“Bupati harus tegas dan jangan pernah memberikan toleranasi terhadap pelanggaran sekecil apapun. Apalagi masalah tambak dampaknya sangat luas,” ungkap Suyono salah satu fungsionaris Kontra’SM Sumenep, Kamis.

Maraknya tambak yang tak berijin ini dibenarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. menurutnya, banyak pengusaha tambak udang di wilayahnya yang belum memiliki izin berupa dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL).

“Tidak sampai sepuluh, kalau tidak salah ada lima yang memiliki UKL-UPL atau tambak yang memiliki izin,” kata M. Syahrial, Kepala DLH Sumenep, Kamis,

Kelima tambak udang yang memiliki dokumen UKL-UPL itu,lanjut dia, tersebar di lima kecamatan wilayah Pantai Utara (Pantura) seperti kecamatan Dasuk, Dungkek, Batang-Batang, Ambunten dan Kecamatan Gapura, Sumenep,Madura,Jawa Timur.

Sayangnya,Kadis ini malah mengaku hanya mengawasi yang berijin saja. “yang kami awasi hanya yang berizin saja,”imbuhnya tanpa beban sedikitpun.

Syahrial hanya berani menghimbau pengusaha tambak agar segera mengurus izin menjadi legal.

“Kalau tidak berizin tentunya itu melanggar Perda. Kalau melanggar Perda maka yang berhak menertibkan adalah Satpol PP,” tutup Syahrial.

(Junaidi Alkarawi/Ferry Arbania)
Rekomendasi: