Breaking News, Sela Berita Hingga Proses

0
508

Apa itu breaking news? Bila diterjemahkan secara bebas pengertian breaking news dapat diartikan sebagai “berita yang sedang berproses”

breaking-news-Istmembaca di layar monitor tidaklah senyaman membaca koran yang bisa dibaca dengan membolak-balik halamannya. Pembaca harus berulangkali mengetuk tuts keyboard untuk menaikturunkan (scroll) halaman media online. Jadi, walaupun internet (baca: media online) mempunyai ruang yang bisa dikatakan tak terbatas, namun informasi yang disampaikan haruslah dikemas secara ringkas agar mudah dibaca.

Perbedaan lain yang mendasar adalah, karena media online tidak melewati proses cetak, maka pembaca mempunyai tuntutan untuk segera tahu apa yang baru saja atau sedang terjadi. Kecepatan penyampaian informasi merupakan salah satu kata kunci dalam penyajian berita media jenis ini.

Di sisi lain media online bukan saja bersaing cepat dengan jenis media lain seperti radio dan televisi yang dapat menyiarkan berita secara on the spot, tetapi juga dengan ratusan, bahkan ribuan media online sejenis yang berusaha menjejalkan informasi serupa pada pembaca dalam waktu bersamaan. Alhasil, selain tetap dituntut menyajikan berita secara jelas dan akurat media online punya kewajiban melaporkan segera setiap peristiwa yang terjadi. Pembaca tidak sudi membaca berita basi, bukan?

Demikian pentingnya faktor kecepatan dalam menyampaikan informasi, maka media online lazimnya memilih model penulisan yang disebut breaking news. Apa itu breaking news? Bila diterjemahkan secara bebas pengertian breaking news dapat diartikan sebagai “berita yang sedang berproses” ---sebab itu, ada pula yang menyebutnya “news on the making”.

Oleh karenanya, demi mengejar kecepatan tadi, reporter tidak harus menunggu sebuah peristiwa tuntas. Bisa saja sang reporter melaporkan sebuah peristiwa bernilai berita besar secara bertahap, mengikuti jalannya peristiwa tersebut. Namun apabila peristiwa itu bergulir sangat cepat, maka tentunya ia tidak lagi berjalan melainkan “berlari”. Pelaporan sebuah peristiwa dengan tempo perubahan yang sangat cepat lazim disebut “running news”.

(Dinukil dari Blog Adedepok6)