Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

bostoko-ukmPada event yang diadakan oleh Telkom Indonesia yaitu peluncuran aplikasi Bostoko. Telkom Bostoko (Bisa online untuk semua toko) adalah aplikasi toko yang memiliki fitur modul pembelian, penjualan, persediaan, kasir (point of sale), akuntansi, multi cabang dan memiliki keunggulan harganya yang relatif murah (Rp. 100 / transaksi , max.Rp.300 ribu per bulan) dan dibundling bersama koneksi internet Telkom Speedy.

Keuntungan yang didapat dengan menggunakan Bostoko antara lain :
1. Memudahkan proses pencatatan transaksi dan juga memudahkan memonitoring persediaan stok barang yang ada
2. Menghemat biaya investasi, pemeliharaan sistem serta staff TI
3. Menyajikan laporan keuangan secara real time dan dapat memonitor seluruh cabang

Pada peluncuran Bostoko, ada salah satu pemilik UKM yang menggunakan Bostoko pada bisnisnya, yaitu Bapak Askar, pemilik dari Ka Nung Bogor Bakery.
Bisnis Bapak Askar adalah bidang bakery khususnya bakery yang berbau Timur Tengah, mulai dari minuman, makanan berat, roti, dan masih banyak lagi.

Karyawan beliau sekarang berjumlah 13 orang, sedangkan cabang ada 2, yaitu di Bandung dan Jakarta. Pusat bakery dan pabrik ada di Bogor. Ka Nung Bogor Bakery juga memiliki 20 agen, sebagian besar dari produk-produk Ka Nung Bogor Bakery dijual ke cafe, restoran, dan juga hotel.

Hanya sekitar 10% yang terjual langsung ke konsumen. Produk yang Ka Nung Bogor Bakery jual bervariasi, mulai dari roti cane hingga kebab. Ka Nung Bogor Bakery merupakan salah satu makanan yang paling banyak digemari konsumen terutama di Bogor dan produk-produk nya juga sudah banyak diliput hingga 10 studio televisi, baik lokal maupun nasional.

Media Sosial juga sangat membantu sekali pada perkembangan bisnis. Ka Nung Bogor Bakery menggunakan media sosial lebih untuk memberikan info-info terbaru tentang produk dan juga untuk menjalin hubungan dengan customer. Ka Nung Bogor Bakery juga memiliki website resmi di Kanungbakery.com sedangkan Twitter di twitter.com/KANUNGBAKERY.

Ka Nung Bogor Bakery cukup kesulitan untuk mengelola cabang dan memantau stok karena harus menelpon pabrik yang terkait dengan stok ketersediaan.

“Tetapi, setelah menggunakan Bostoko, kami merasa sangat terbantukan karena hanya dengan menggunakan Bostoko, kami dapat memantau stok yang kami miliki dan juga bisa memantau cabang-cabang kami lainnya. Begitu juga dengan pembuatan laporan keuangan , Bostoko sangat membantu karena kami dapat membuat laporan keuangan yang bankable bagi ukm yang biasanya mengalami kesulitan untuk membuat laporan keuangan yang bankable.

Tetapi, saya ingin memberi masukan kepada pihak Bostoko agar dapat mengurangi biaya per transaksi yang sebelumnya Rp 100 per transaksi menjadi Rp 25 per transaksi karena kami selaku ukm merasa cukup keberatan dengan biaya sebesar Rp 100 tersebut. Jika bisa di tekan hingga Rp 25, saya yakin akan makin banyak ukm yang akan memakai Bostoko. Saya menggunakan Bostoko baru sekitar 1 bulan. Kami merasa sangat terbantu karena Bostoko sangat memudahkan saya untuk mengontrol stok barang, cabang, dan juga membuat laporan keuangan yang bankable. Secara keseluruhan kami merasa sangat puas dengan kehadirannya Bostoko” Ujar Bapak Askar pemilik Ka Nung Bogor Bakery.

(advertorial/VoiS)