Ilustrasi
Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

MADURAEXPOSE.COM– Guna memudahkan petugas keamanan dalam memantau aktivitas warga binaan, Kepala Rumah Tahanan Kelas II B Sampang memasang sebanyak 14 Closed Circuit Television (CCTV).
Kepala Rtan Kelas II B Sampang Gatot Tri Rahardjo mengatakan pesangan CCTV dianggap sangat penting guna memantau aktivitas penghuni rutan, baik yang berstatus nara pidana maupun tahanan. Mengingat jumlah petugas yang melakukan pengawasan setiap hari tidak sebanding dengan jumlah warga binaan yang mencapai 183 orang. ”Petugas kami saat ini hanya berjumlah 35 orang. 14 CCTV itu dipasang di sekeliling Rutan,” katanya.
Selain alasan untuk memudahkan pengawasan, juga sebagai antisipasi adanya penghuni rutan melarikan diri. Adapun salah satu fakator warga binaan melarikan diri disebabkan warga binaan merasa tidak nyaman dan merasakan tekanan dari petugas Rutan sehingga nekad memilih kabur.
”Karena itu kita sudah bertekad bersih-bersih pungli. Mulai sekarang tidak lagi ada istilah petugas nakal, karena semuanya sama-sama berkomitmen seperti itu. Harapan kami petugas professional saat menjalankan tugas, sehingga bisa meberikan rasa aman dan nayaman bari warga binaan,” kata Gatot.
Sementara dalam kurun waktu 2015 hingga 2016 lalu, ada 5 kali kejadian napi kabur dari Rutan Sampang. Mereka melarikan diri dengan berbagai cara, seperti melompati pagar Rutan. [MH/JD88]