Fitri Carlina dengan kreasi olahannya yakni Savana Green Bay Varian Savana Wedi Ireng Varian Savana Red Island (Dok. Maduraexpose.com)
Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

MADURAEXPOSE.COM, BANYUWANGI– (17gustus 2017)

Banyuwangi, selain terkenal dengan wisata baharinya ternyata dahulu dikenal sebagai kota pisang pada era 1980-an. Sayangnya, sebutan sebagai kota pisang tinggal gemanya saja. Saat ini, generasi muda Banyuwangi lebih mengenal sale pisang atau keripik pisang kepok merah sebagai oleh-oleh penganan wajib Banyuwangi.

Fitri Carlina, gadis cantik dan penyanyi yang baru terpilih sebagai duta pariwisata dari wilayah di ujung timur Pulau Jawa ini melihat sajian kue khas daerahnya dengan cara yang berbeda. Dia bertekad untuk mengajak bernostalgia dengan kejayaan Banyuwangi yang dulunya terkenal dengan sebutan kota pisang dalam bentuk cake kekinian yang berbahan dasar pisang.

Savana Wedi Ireng

Dengan bermodalkan semangat yang kuat untuk memajukan dan mengembangkan potensi wisata daerahnya, wanita kelahiran 1987 ini menggagas sebuah ide promosi yang efektif untuk memperkenalkan Banyuwangi. Promosi itu melalui sajian kue khas Nusantara yang diberi nama Banyuwangi Savana Cake (BSC) dengan menggunakan bahan dasar pisang.

Nama savana terinspirasi dari iklim tropis Banyuwangi dan merupakan nama tempat pariwisata terkenal di Banyuwangi yakni Savana Baluran dan Savana Sadengan. Kedua tempat tersebut merupakan savana terbaik di Banyuwangi dan mendapat julukan Afrika Kecil dari Pulau Jawa.

Menurut Fitri, BSC akan mengeluarkan 5 varian rasa kue yang mengadopsi keindahan pariwisata Banyuwangi seperti Savana Red Island, Savana Green Bay, Savana Blue Fire, Savana Sunrise of Java, dan Savana Wedi Ireng. BSC akan menyebarkan promosi melalui media online dan melakukan aktivasi di beberapa lokasi di Banyuwangi, supaya masyarakat lebih mengenal Banyuwangi Savana Cake.

“Semoga kehadiran BSC dapat memberikan manfaat manis untuk Kabupaten Banyuwangi. Oleh-oleh khas kekinian yang menjadi kebanggaan semua warga Banyuwangi. Ibarat seperti savana, padang rumput yang luas dan lebar, semoga bisa membuka jalan yang luas bagi Banyuwangi dan semua. Saat ini kami masih fokus di Banyuwangi dan akan meluas ke beberapa wilayah yang terdekat dengan provinsi Jawa Timur,” ujar Fitri Carlina di sela persiapan launching gerai BSC pertama di Banyuwangi

Savana Red Island 5

BSC mengusung tagline ‘Seru Enjonge’ yang memiliki arti keterlaluan nikmatnya, diambil dari bahasa Osing Banyuwangi , dan akan diresmikan pada Minggu (20/8/2017). Bagi yang ingin mencoba kenikmatan rasa dari kue khas Banyuwangi Savana ini, bisa berkunjung ke gerai yang beralamat di Jalan Letjen S Parman No.26, Banyuwangi. Dan follow IG @banyuwangisavanacake. (*)

(tin/fer)