Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

MaduraExpose.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang, Madura pernah mencatat, jika kerugian yang di sebabkan rendaman banjir pada akhir tahun 2013 lalu mencapai Rp 8,7 miliar lebih.

banjir-ilustrasi-nurmahkantan
Dari empat kabupaten yang ada di Pulau Madura, Kabupaten Sampang merupakan satu-satunya daerah yang paling sering di landa bencana banjir. Bahkan ketinggian banjir di kota bahari itu, pernah mencapai 40 cm hingga 1 meter lebih. Sektor perekonomian warga lumpuh seketika. Dan fasilitas umum (fasum) di rumah penduduk berantakan hingga menelan kerugian mencapai Rp 2,6 miliar.

Tak hanya rumah penduduk, sejumlah sarana ibadah seperti mushalla , masjid dan lembaga pendidikan tak luput dari amuk banjir tahunan ini. Kerugian yang di sebebkan banjir saat itu di taksir mencapai Rp 252 Juta.

Kerugian lain yanag menguras banyak anggara pemerintah yakni, terjadinya kerusakan pada sejumlah infrastruktur, termasuk sumber ekonomi produktif yang terganggu jumlahnya mencapai Rp 5,3 miliar.

Kerusakan lain akibat rendaman banjir pada lintas sektoral Kabupaten Sampang berbuntut pada kerugian yang taksirannya mencapai Rp 458 Juta.

(Fer/***)