Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

Sumenep – Anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0827/01 Kota Serda Supriyadi anggota jajaran Kodim 0827/Sumenep membantu petani membersihkan rumput (gulma) di lahan persawahan padi seluas 0,8 hektar milik Bapak Rahmat di Desa Kebonagung Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Sabtu (13/5/2017).

Kegiatan ini dilakukan untuk menekan persaingan Gulma dengan padi dalam masa pertumbuhannya karena tumbuhnya Gulma sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kesuburan tanaman padi, sehingga tidak mengganggu dan menurunkan hasil panen.

Danramil 0827/01 Kota, Kapten Inf Erlambang mengatakan swasembada pangan adalah suatu program yang digalakkan oleh pemerintah dan salah satu komoditi yang sangat di unggulkan pada program ini adalah padi, jagung dan kedelai.

“ Dengan adanya pendampingan para Babinsa turun ke sawah untuk pendampingan petani dalam mengolah tanaman padi di sawah, maka diharapkan tanaman akan tumbuh dengan maksimal dan hasil yang akan dicapai petani pun akan melimpah. Hal ini tidak boleh lepas dari pengawasan Babinsa karena dengan adanya pendamping petani maka segala kendala yang di hadapi petani di lapangan akan terpecahkan,” ujarnya.

Serda Supriyadi mengungkapkan bahwa Gulma adalah sejenis rumput/tanaman liar yang tumbuh pada persawahan, biasanya gulma banyak tumbuh subur pada sela-sela atau diantara tanaman padi.

Keberadaan gulma ini menjadi gangguan pada tanaman khususnya tanaman padi, tanaman menjadi tidak dapat tumbuh dengan subur dan hasil panennya pun pasti kurang maksimal.‎

Kegiatan yang dilaksanakan oleh para Babinsa di wilayah binaannya ini akan bisa meringankan Petani, sebab biasanya mereka mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan penanggulangan dan penyiangan gulma.

” Dengan adanya Babinsa yang turun tangan membuat para petani tersenyum bahagia, karena ditengah-tengah cuaca yang panas Bapak-Bapak Babinsa mau ikut membantu” ujar Bapak Rahmat pemilih sawah kepada MaduraExpose.com. (purnomo/arbania)