Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

MADURAEXPOSE.COM–Keindahan yang terhampar, kala riak gelombang kecil sesekali menjilati bibir pantai nan elok, membuat mata khusuk dan takjub. Ditambah air yang bersih dan jernih terhampar luas, membuat hati semakin tak mau beranjak meninggalkannya. Itu lah pesona pantai yang ada di Sumenep, Madura.

Amboi.! Indahnya pemandangan yang terhampar luas ini. Pasir dan air yang bersih, ditambah dengan sepoi angin pantai, membuat orang-orang serasa tersihir oleh keindahannya, begitulah seru pengunjung dari luar Pulau Giligenting, yang datang ke Pantai Sembilan.

Ya, nama pantainya Pantai Sembilan, yang terletak di Desa Bringsang, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep Madura. Kita pun bisa membayangkan, sebuah wisata pantai yang ada di pulau kecil. Bagaimana rasanya ketika berkunjung, tentu akan penuh sensasi.

Pantai 9 Giligenting, Sumenep, Madura Island/Istimewa

Awalnya, pantai ini hanya sebuah pantai biasa. Namun, berkat adanya kesadaran masyarakat, maka pantai itu menjadi aset terbesar bagi masyarakat Giligenting sendiri, akhirnya diperindahlah pantai ini. Sehingga, menjadi salah satu objek wisata yang ada di Giligenting yang boleh dibilang masih terjangkau dari sisi biaya, tukas Ali Shodikin, 33 tahun, pria asli Giligenting, pelaku usaha bidang wisata yang ada di daerah Sumenep dan sekitarnya.

Penyematan nama Pantai Sembilan ini, berasal dari salah satu drone, kala diterbangkan di bibir pantai, saat melakukan bersih-bersih pantai oleh masyarakat Giligenting dan beberapa aktivis lingkungan. Dari drone, nampak ada gundukan tanah pantai, yang berbentuk angka sembilan. Di samping angka Sembilan tersebut, dialiri air yang sesekali pasang dan surut.

Semenjak itulah, pantai tersebut diberi nama Pantai Sembilan. Dan seiring bertambahnya waktu, masyarakat Giligenting dan beberapa aktivis lingkungan, melakukan perbaikan terhadap wisata pantai tersebut.

Tempat Rekreasi yang Ekonomis

Pantai 9 Giligenting, Sumenep, Madura Island/Istimewa

Pantai Sembilan, merupakan salah satu tempat rekreasi murah meriah. Sejatinya, masuk ke pantai, 0% biaya. Artinya, tak ada pungutan biaya untuk beli tiket kala masuk ke tempat objek wisata.

Hanya saja, bagi pengunjung yang merasa lapar, dipersilahkan menikmati beberapa dagangan yang ada di sekitar objek wisata Pantai Sembilan. Tentu, dirinya harus mengeluarkan fulus, yang disesuaikan dengan barang yang dibelinya.

Memang benar, objek wisata Pantai Sembilan masih tergolong sederhana. Karena, objek wisata ini baru beberapa bulan yang lalu bummingnya. Dan sekarang, para pengelola, yang terdiri dari aktivis lingkungan dan masyarakat sekitar, sedikit demi sedikit mulai menambah fasilitas yang ada. Seperti saung di pinggir pantai, ayun-ayunan tempat bermain, fasilitas parkir, dan beberapa fasilitas lainnya.

Hal yang menjadi primadona dari objek wisata Pantai Sembilan ialah, air yang jernih dan pasir pantai putih terhampar luas. Sehingga, tak mengherankan jika di hari Sabtu dan Minggu, terkadang banyak turis mancanegara yang datang ke Pantai Sembilan untuk sekadar berkemah di bibir pantai.

Mungkin saja, mereka hendak merasakan bermalam di atas hamparan pasir putih yang terhampar. Apalagi, pasir putih tersebut masih alami dan belum tersentuh dengan hal-hal yang bersifat modern. Sehingga, tak mengherankan jika di hari Sabtu dan Minggu, sering ada kunjungan turis asing.

Rute

Pantai 9 Giligenting, Sumenep, Madura Island/Istimewa

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Pantai Sembilan, dari kota Surabaya menggunakan kendaraan pribadi bisa menghabiskan waktu 4-5 jam perjalanan. Sedangkan bagi pengunjung menggunakan kendaraan umum bisa mencapai 5-6 jam. Sebaiknya perjalanan wisata ke pantai sembilan ambil di hari Sabtu dan Minggu. Sedangkan bagi masyarakat yang ada di kepulauan Madura, Anda bisa datang di pagi hari dan pulang di sore hari. Atau wisata Pulang Pergi.

Rute yang harus ditempuh, jika arahnya dari bila naik angkutan umum dari Sumenep Kota, maka naik angkot ke arah Pelabuhan Tanjung atau Pelabuhan Pagar Putih Desa Tanjung Kecamatan Saronggih.

Jika Anda menggunakan mobil pribadi, maka arahnya ialah langsung menuju Kecamatan Saronggi, Desan Tanjung. Nah, di desa Tanjung inilah, tinggal memilih, apakah akan naik perahu dari Pelabuhan Tanjung atau Pelabuhan Pagar Putih.

Kemudian, mobil pribadi yang Anda bawa parkir saja di beberapa parkiran milik warga, di dekat Pelabuhan Tanjung ataupun Pelabuhan Pagar Putih. Parkiran aman, karena dijaga oleh pemilik parkiran, hingga Anda datang kembali.

Setelah itu, belilah tiket perahu yang menuju Pulau Giligenting. Tiket perahu per orangnya Rp 10 ribu. Dan jika ada tambahan sepeda motor sebagai barang bawaan, ditambah lagi dengan Rp 10 ribu.

Nah, dengan uang Rp 10 ribu, Anda sudah bisa sampai ke Pulau Giligenting. Jika rute pelabuhan Anda melalui Pelabuhan Tanjung, maka tempat berhentinya di Pulau Giligenting ialah di Pelabuhan Bringsang. Dari Pelabuhan Bringsang, jarak Pantai Sembilan tak begitu jauh. Anda tinggal jalan kaki saja.

Sedangkan jika rute yang diambil ialah melalui Pelabuhan Pagar Batu, maka sampainya di Giligenting, Anda akan berlabuh di Pelabuhan Aeng Anyar. Dan jarak tempuh dari Pelabuhan Aeng Anyar sekitar 15-20 menit, menuju wisata Pantai Sembilan. Dari pelabuhan Aeng Anyar, Anda bisa menggunakan fasilitas ojek menuju Pantai Sembilan.

Dinukil dari:inspirasibangsa.com
Sumber Foto: Istimewa.