2019: Pilkades Kecamatan Ganding di Prediksi Akan Memanas

MADURARXPOSE.COM–Sejumlah pihak memprediksi pertarungan politik tingkat desa atau biasa disebut Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) di sejumlah desa di Kecamatan Ganding akan berlangsung seru atau bahkan bisa jadi memanas.

Pasalnya, mulai saat ini sejumlah nama mulai mengemuka, baik dari tokoh pemuda maupun calon yang pernah kalah dalam Pilkades sebelumnya. Hasil penelusuran MaduraExpose.com, ada tiga desa yang paling menonjol, yakni Desa Ketawang Ganding, Desa Ketawang Karay dan Desa Ketawang Bilapora Barat, Kecamatan Ganding, Sumenep,Madura, Jawa Timur.

Rokib Setyabudi, salah satu Fungsionaris Gerakan Pemberdayaan Masyarakat Desa (GPMD) Sumenep memprediksi pertarungan politik di tiga Desa Kecamatan Ganding itu diprediksi akan berlangsung seru, pasalnya, masing-masing petahana (incumbent) sudah sama-sama dua priode menjabat.

“Calon petahana di tiga desa itu sama-sama sudah dua priode menjabat. Khusus Desa Bilapora Barat, infornasinya akan ada calon dari tokoh pemuda yang masih memiliki kedekatan keluarga dengan pihak incumben.Kami prediksi akan berlangsung seru, ” ungkapnya kepada Maduraexpose.com,Kamis 15 Maret 2018.

Pihaknya menilai, politik tingkat desa ini, tidak bisa diremehkan sebagai pesta demokrasinya orang kampung. Pasalnya, di era keterbukaan infornasi dan medsos yang merajalela saat ini, bukan mustahil akan digunakan oleh tim pemenangan untuk melakukan kampanye maupun sosialisasi calon Kades.

“Pilkades itu malah lebih sensitif dari pemilihan Bupati dan Pilgub. Karena secara komunikasi beografis lebih interaktif dan akan mudah terjadi gesekan antara masing-masing pendukung calon. Apalagi jaman now, serba teknologi dan medsos bisa alternatif kampanye, “pungkasnya.

(Ferry)